Kamis, 29 November 2012

Hati-hati penipuan berkedok lowongan pekerjaan.

            Belum lama ini ada sms di hp yang isi kurang lebih seperti ini (sorry dah aku hapus di inbox)

                 "Selamat Pagi dengan Bpk."Nama Anda"Saya Ibu / Bpk (Nama Aspal) sehubungan dengan     masuknya email lamaran pekerjaan bpk pada alamat email kami,Bpk Terpilih menjadi kandidat yang di prioritaskan untuk mengikuti wawancara kerja dengan kami ...(menjelaskan alamat, waktu, tempat dll) penempatan sebagai bagian Adm atau Spv bukan sales atau ourcourcing........
Sempat terasa senang juga ada panggilan kerja secepat itu tetapi berhubung tempat wawancara di luar kota aku coba nyuruh saudara untuk mengecek keberadaan atau alamat tersebut ternyata setelah di cek saudaraku mengabarkan bahwa loker itu penipuan katanya coba aja cek mbah google...setelah di penuhi rasa penasaran aku coba googling dan ternyata hasil sama dengan apa yang di dapatkan oleh saudaraku bahwa lowongan kerja itu bohong atau fiktif.

      Ini Sedikit langkah awal memahami penipuan.


  • 1.Iklan lowongan kerja di design dengan kata-kata menjebak dan menyakinkan.
  • 2.Mengedepankan posisi yang Kosong "Bagian Adm atau Spv"low pengalamanku mawas diri seegh    dengan jenjang pendidikan terakhir smk ko bisa jadi bagian staff ???? paling banterkan lower dulu baru naik.
  • 3.Adanya penegasan status bidang pekerjaan "Bukan sales".
  • 4.Tersedianya pengiriman aplikasi lamaran melalui sms."format Penulisan dgn gaya operator".
  • 5.Segera cek dengan mbah google anda bisa mencarinya dengan alamat dan nama perusahaan yang di terima dari sms undangan wawancara.
  • 6.komunikasi lebih sering dengan sms (Penipu amatir) biasanya tidak menelpon duluan tapi menunggu anda menghubunginya.(Jika anda menghubungi hati-hatilah dengan kata-kata yang membius atau membuai).
  • 7.Apabila anda berasal dari luar kota maka sang penipu akan dengan senang hatu membingbing untuk mengikuti tahapan yang dia nerikan (menjelaskan rute jalan, dan lain)
  • 8.Waktu wawancara akan sempit seperti pengiriman sms hari sabtu maka undangan wawancara hari senin jam 08.00 atau bahkan hari minggu.
  • 9.Jika pembicaraan dengan sms berlanjut tanpa fokus maka si penipu akan meminta untuk mentransper sejumlah uang pada pada rekening yang dia berikan ( Misalnya menyuruh menggunakan pesawat dan anda ketahuan belum pernah menggunakan pesawat maka si penipu akan segera membingbing anda).

Setelah anda membaca tulisan ini saya harapkan lebih hati-hati lagi dalam menelaah suatu informasi pada media elektronik terutama internet karena google tidak mengetahui mana yang baik dan benar hanya memberikan media saja.tks

2 komentar:

  1. makasih informasinya, emang banyak sekali bahan untuk bisa menipu dengan berbagai macam modul

    BalasHapus
  2. sama"mas Rudy moga bisa sahre lagi di kemudian hari...

    BalasHapus