Senin, 03 Desember 2012

Penjemuran burung pleci

Penjemuran burung pleci.

Salah satu upaya mempercepat burung pleci atau cici kacamata  bersuara (ngoceh) adalah dengan proses penjemuran di tempat panas dengan begitu burung tersebut akan terjaga kesehatanya dan stamina , bisa bertambah kuat kadang kala ada penghobi yang menjemur pleci kesayangannya tanpa di beri makanan hanya cukup di tempatkan air saja.


Langkah -langkah penjemuran burung pleci.

  1. Waktu yang baik dalam penjemuran pleci antara pukul 07.00 sampe 10.00 Wib karena suhu panas matahari saat itu tidak terlalu panas dan memang banyak mengandung vitamin E yang baik buat bulu burung dan stamina.
  2. Ada baiknya memberikan waktu pada burung tersebut dengan diamkan terlebih dahulu di udara luar (setelah dari gantangan rumah ) hal ini bertujuan untuk burung, agar dapat suasana udara di luar rumah.
  3. Selagi menunggu, penghobby biasanya mengeluarkan tempat pakan ,minum dan perlengkapan lainya yang perlu di ganti dan membersihkan kotoran burung.
  4. Setelah semua perlangkapan dikeluarkan dan di rasa sudah cukup, burung itu merasakan udara luar,maka proses pemandian bisa di lakukan dengan menggunakan alat penyemprot yang sudah tersedia, sediakan tempat minum yang cukup besar karena biasanya burung pleci akan mandi sendiri jadi penghobi cukup membasahinya jangan sampe kuyup.
  5. Setelah itu, tempatkan burung pleci di tempat panas agar segera bisa mengeringkan badannya, bila burung lebih dari satu lakukan hal di atas pada burung lainnya.Jika burung tersebut masih di rasa giras  (garabagan ) masih takut pada manusia atau kagetan, bisa di latih dengan proses penjemuran di bawah dengan berjejer, setelah hal ini di lakukan kita cukup memantaunya saja.
  6. Burung yang dalam kondisi sehat setelah pemandian atau pada penjemuran biasanya akan langsung berusaha untuk merapihkan bulunya.
  7. Setelah di rasa cukup pada proses penjemuran atau lebih dari 1 jam pe 2jam geserkan burung tersebut pada tempat yang teduh  sekita 15 pe 20 menit atau di anginkan terlebih dahulu.
  8. setelah rangkaian tersebut sudah dilakukan maka penghobi bisa mengantungannya di tempat yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar