Selasa, 04 Desember 2012

Anekdot yang meyebutkan “Konsumen adalah raja”


       Anggapan atau pengakuan yang menyebutkan bahwa kedudukan sebagai raja pada pelayanan penjualan dewasa ini sanagatlah tidak cocok hal karena sering kali membuat konsumen berlaku se’enaknya, seperti jika ada masalah atau komplain produk yang dia beli berapapun harganya seringkali di lakukan dengan marah-marah bahkan membentak spb, yang notabene dalam hirarki perusahaan berada pada lower manajemen.
             Padahal dalam setiap
intansi perusahaan, pastilah ada yang di sebut Custumer Cervice Offiser yaitu orang yang mempunyai tugas untuk menangani dan menerima keluhan baik dari segi pelayan ataupun keluhan yang di akibatkan pada produk. Untuk itu jadilah konsumen yang bijak, tidak menganggap Spb sebagai “pelayan” tapi memandang spb sebagi partner atau rekan yang selalu siap memberikan bantuan. Bukankah lebih baik saling menghargai satu sama lainya karena dengan begitu akan membentuk sebuah komunikasi yang baik antara kedua belah pihak bahkan bisa menghangatkan hubungan personal antara spb dan konsumen.
Yang perlu di ketahui oleh Konsumen.
  • 1.      Setiap perusahaan atau intansi yang memberikan jasa pelayanan pasti mempunyai Customer Officer dan prosedur dalam penerimaan keluhan.
  • 2.      Prosedur pelayanan tersebut selalu mengedepankan pada kepuasan pelanggan atau konsumen, jadi jangan takut untuk bertanya.
  • 3.      Setiap masalah pastilah ada jalan keluarnya, jadi gak ada alasan untuk memarahi spb/g karena sebenarnya hal tersbut hanya membuang tenaga dan waktu anda.
  • 4.      Semakin cepat anda menyampaikan keluhan dan sesuai prosedur, maka semakin cepat pula proses pengembalian atau penemuan jalan keluar masalah anda.
  • 5.      Tetap, yang mempunyai wewenang untuk menyelesaikan masalah itu bukan spb melainkan staff Spv, leader yang menyelesaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar