Senin, 03 Desember 2012

Tehnik-tehnik perubahan / penegembangan organisasi.

       Pengertian pengembangan organisasi adalah suatu usaha atau cara yang digunakan untuk    memperbaiki efektifitas kinerja seseorang, hubungan pekerjaan antara sub bagian yang terdiri dari kerjasama dua orang atau tiga orang, pemungsian kelompok atau tim, dan efektifitas organisasi keseluruhan

             Cara-cara pengembangan organisasi tersebut dapat dilakukana dengan cara :
  1. Melauli latihan sensitifitas, adalah usaha atau cara pengembangan organisasi pertama dan cukup meluas penggunaannya. Contohnya dengan permainan yang membutuhkan kerjasama.
  2. Pengembangan organisasi untuk dua atau tiga orang dengan analisa transaksional. Analisa transaksional adalah suatu analisa yang memusatkan perhatiannya pada gaya dan komunikasi antara orang-orang organisasi. Prosesnya adalah dengan mengajarkan anggota organisasi untuk mengirim berita / informasi yang jelas dan bertanggung jawab serta memberikan tanggapan / komentar yang wajar.
  3. Pengembangan organisasi dengan konsultasi proses, cara ini melibatkan seorang konsultan baik secara intern atau eksternal untuk memahami dinamika hubungan pekerjaan organisasi dalam berbagai situasi kelompok. Konsultan memberikan arahan pada anggota untuk merubah cara bekerjasama, mengembangkan keterampilan diagnostik dan pemecahan masalah yang efektif.
  4. pengembangan organisasi antar hubungan kelompok yang dapat dilakukan dengan pertemuan atau rapat konprontasi. Pertemuan dan rapat konprontasi adalah memberikan penglihatan organisasi untuk menilai kesehatannya sendiri dan memerapkan rencana-rencana perbaikan.
  5. Pengembangan organisasi keseluruhan yaituteknik survai umpan balik, hal ini maksudkan untuk memperbaiki operasi hubungan kerja organisasi secara keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar