Selasa, 04 Desember 2012

Jumlah Populasi Gajah Sumatra Kian Menurun.



            Sedikit menyimak berita yang di tanyangkan salah satu tv swasta di negeri ini mengenai kematian gajah Sumatra yang turun drastis dan kematian yang di anggap tak wajar, dari analisa sumber di Sumatra menyebutkan pada tahun 2004 pupolasi gajah sumtra ini berjumlah 2000 – 3000 ekor dan kemudian di adakan survey kembali pada tahun 2012 jumlah gajah sumtra ini hanya +/- berjumlah 500 ekor jadi tingkat penurunya memang tinggi.
            Adapun penyebab kematian
gajah Sumatra ini salah datunya adanya konflik dengan masyarakat sekitar, dengan banyaknya pembukaan lahan untuk perkebunan, bahkan perumahan mengurangi habitat gajah Sumatra. Dan penyebab lainya terindikasi seperti adanya praktek pemburuan oleh pemburu liar ataukah penduduk sekitar itu sendiri yang membunuh gajah-gajah itu. Terlepas dari itu penulis merasa prihatin dengan kejadian tersebut terlebih gajah Sumatra adalah spesies gajah yang terdapat di Indonesia yang keberadaanya sangat memprihatinkan jika hal ini tidak, di tindak lanjuti tentunya hanya akan menjadi sekilas berita saja, tanpa adanya upaya perbaikan hanya akan medorong gajah Sumatra pada kepunahan.
            Untuk para pendaki atau penjelajah hutan jika hendaknya anda akan melakukan traveling atau penjelajahan ke hutan ada baik membawa sejumlah bibit buah-buahan atau tanaman yang dapat   berkembang sendiri atau jika terencana anda menaburkan bibit tersebut setiap 5-7 langkah lambat tapi pasti akan mendatangkan manfaat bagi ekosistem berikutnya.
            Setidaknya penulis ingin mengajak para pembacanya untuk bertindak langsung dan sederhana dan ingin menumbuhkan rasa memiliki kepada hutan dan ekosistem di bumi ini agar ada yang alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar